Muhammad Meibi Rivanel

WELCOME TO MUHAMMAD MEIBI RIVANEL BLOG

SEMOGA BERMANFAAT, TERHIBUR DAN SEHAT SELALU

Enjoy AjA :D

Minggu, 25 Desember 2011

Tugas 4

Tugas 4.


Membuat tutorial animasi lighting mask dan teks blur effect dengan menggunakan macromedia Flash8.
Tutorial membuat Animasi Lighting Mask dengan menggunakan macromedia Flash 8 :
1. Ubahlah ukuran(size) pixelsnyan menjadi 350 x 75 pixels dengan warna backgroundnya hitam, karena dalam pembuatan animasi warna background yang terbaik adalah hitam. Setelah diganti dengan petunjuk di atas pilih ok, untuk langkah selanjutnya.



2. Langkah kedua adalah memilih teks tool dengan lambang icon-nya huruf A, Sebelum mengetikkan nama yang akan dibuatkan animasi aturlah terlebih dahulu jenis tulisan dan ukurannya. Jenis teks yang saya gunakan adalah Bauhaus 93, dengan  ukuran teks 38 dengan format bold dan miring. Kemudian saya ketikkan teks dengan nama saya yaitu m.meibi rivanel.



3. Selanjutnya, pilihlah menu modifi dan ambil break apart.

4. Langkah ke empat adalah kembali mengklik menu midifi dan klik break apart, sampai tampilannya seperti gambar dibawah :


5. Selanjunya mengganti warna dari teks yang telah dibuat, caranya memilih menu Window dan klik Color mixer.

6. Pada kotak Color, gantilah warnanya menjadi linear. Kemudian tambahkan warnanya dengan cara menambahkan pada bagian reng warna.

7. Langkah ketujuh adalah pemilihan warna, untuk tutorial ini saya memilih warna biru warna merah.

8. Maka secara otomatis, teks kita akan berubah warna menjadi merah dan biru.

9.Selanjutnya kita masih akan bermain dengan warna, kali ini saya akan menurunkan alpha warna, pada bagian kiri dan kanan, akan saya ganti menjadi 0%.




10. Langkah selanjutnya adalah mengubah posisi warna, caranya yaitu kita pilih paint bucket tool, alangkah baiknya kita perbesar gambar menjadi 400% agar pada saat menggunakan paint bucket tool kita dapatkan hasil yang lebih rapi.

11. Setelah gambar diperbesar, selanjutnya lakukan proses mengubah posisi warna dengan menggunakan paint bucket tool. Lakukan proses ini dari titik bawah teks sampai titil atas, sampai hasilnya seperti gambar dibawah.

12. Selanjutnya, klik bagian tengah teks dengan menggunakan paint bucket tool, sehingga hasilnya seperti gambar dibawah :
 
13. Langkah selanjutnya adalah kembalikan ukuran gambar ke normal yaitu 100% atau 200%. Selanjutnya kita pilih menu modifi dan kemudian klik convert to symbol.

14. Setelah kotak dialog convert to symbol muncul, ganti namanya dengan teks dengan tipe grapich kemudian ok.

15. Selanjunya, pilih kembali menu modifi dan klik convert to symbol dengan nama teks movie dengan tipe movie clip kemudian ok.

16. Langkah selanjutnya adalah membuka libaray teks movie, caranya double klik pada teks , maka akan terbuka library teks movie.


17. Selanjutnya kita akan menambahkan dua buah layer lagi dengan cara mengklik insert layer, kemudian klik insert layer dua kali untuk menambahkan 2 buah layer.

18. Langkah selanjutnya adalah pada layer 1, lakukan copy frames dengan cara klik kanan pada layer 1, kemudian pilih copy frames.

19. Pada layer 3, paste kan frame yang telah di copy pada layer 1.

20. Selanjutnya kita akan membuat efek sinar pada teks. Caranya yaitu pilih layer 2, kemudian pilih kemudian pilih Rectangle tool untuk membuat kotaknya, dengan range warna yang dibutuhkan hanya 1 dengan warna putih, untuk membuat kotak menjadi miring atau  bentuk jajargenjang atur dengan menggunakan free transfroom tool, aturlah sedemikian seperti gambar dibawah.


21. Selanjutnya kembali pilih menu modifi , klik convert to symbol, dengan nama sinar, bertipe graphic kemudian ok.


22.Langkah selanjutnya, kotak sinar yang telah dibuat pindahkan pada bagian atas teks. Kemudian pada range 40 ,layer 3 dan layer 1 lakukan proses insert frame secara bergantian.

23. Pada layer 2, lakukan proses insert key frame.

24. Selanjutnya kita akan memindahkan kotak sinar ke bawah, caranya klik terlebih dahulu selection tool, kemudian tekan tombol shift pada keyboard dan pindhkan kotak sinar ke bawah.

25. Kemudian pada layer dua dan range 15 lakukan proses create motion tween.

26. Selanjutnya pada layer3 klik kanan pilih mask.

27. Kemudian kembali ke scene 1.

28. Langkah selanjutnya pilih control kemudian pilih test movie, untuk melihat hasil akhirnya.


Hasil Akhirnya











Tutorial membuat Text Blur Effect dengan menggunakan Macromedia Flash 8 :
1. Langkah awalnya yaitu buat document flash baru, kemudian ganti background dengan warna gelap dan frame ratenya menjadi 30.

2. Selanjutnya kita membuat teks, dengan cara mengklik teks tool. Kemudian ganti warna teks dengan warna yang lebih cerah. Buatlah 3 buah teks dengan format tulisan yang berbeda dan warna yang beda.

3. Kemudian aturlah tata letak teks sesuai di inginkan dengan cara menyorot semua teks, kemudian atur teks dengan cara menggeser teks ke kanan atau ke kiri.

4. Setelah teks di atur, selanjutnya pilih menu modifi, klik timeline dan pilih distribute layers.


5. Langkah kelima adalah pilih filter kemudian klik blur, maka teks otomatis akan berubah menjadi blur. Kemudian atur tingkat blurnya menjadi 17 dengan quality blurnya High

6. Kemudian kita akan mengecilkan frame, dengan cara : sorot pada range 15 ke tiga layer teks, kemudian klik kanan dan pilih insert keyframe.

7. Langkah selanjutnya adalah pada range 15 tersebut, kita akan mengganti nilai blurnya menjadi 0.

8. Selanjutnya sorot ke tiga layers teks pada range 7, kemudian klik kanan disana pilih create motion tween.


9. Kemudian kita sorot frame pertama, lalu geser teks ke kanan. Maka akan terleihat perubahan teks.

10. Langkah selanjutnya, pada range frame 50, kembali kita sorot ke tiga layers teks, kemudian klik kanan disana dan pilih insert keyframe.

11. Selanjutnya pada frame range 65, kembali lakukan insert key frame. Dengan perubahan blur kembali menjadi 17.

12. Kemudian pada frame range 55, lakukan craete motion tween. Dengan klik kanan disana.

13. Langkah selanjutnya adalah sorot kembali frame range 65, geser teks  keluar background.

14. Kemudian pada frame range 66, lakukan sorot disana, lalu klik kanan pilih insert blank key frame.




15. Selanjutnya sorot teks rivanel dan meibi sampai akhir, kemudian geser ke frame range 10.

16. Langkah selanjutnya adalah teks Rivanel di sorot dari frame range 10 sampai kahir, kemudian di geser ke frame range 20.


17. Kemudian pada layer 1, lakukan insert blank keyframe dan ganti nama layer 1 dengan action.

18. Selanjutnya pilih menu action, pilih global function, klik timeline control, terakhir pilih stop. Kemudian klik action kembali untuk mengembalikan.


19. Selanjutnya kita tes movie. Pilih control dan klik test movie.

20. Hasil akhirnya :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar